Wednesday 20 March 2013

Manfaat Buah Apel Hijau Bagi Kesehatan

Apel hijau sering juga disebut dengan nama apel manalagi. Apel jenis ini berbentuk bulat berwarna hijau dengan rasa manis bercampur asam. Apel jenis ini banyak ditanam didataran tinggi kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Buah ini dikenal sebagai buah yang menyegar dan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kita. Apel mempunyai nilai tinggi baik dikonsumsi sebagai buah segar, olahan, maupun sebagai minuman. Buah apel dapat mencegah penyakit sariawan dan gusi berdarah. Buahnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan utama untuk membuat cuka  apel atau cider melalui proses fermentasi. Dalam jangkapanjang, mengkonsumsi buah apel dapat memperkuat daya tahan tubuh terhadap penyakit, mencegah tumbuhnya tumor dan gangguan lambung.

Manfaat apel hijau:

 

1.      Merawat kulit dengan masker apel hijau dapat membuat kulit menjadi halus, mencegah kerutan dan menjaga kelembaban kulit. Cara membuatnya, hancurkan apel warna hijau dengan seiris anggur, tambahkan satu sendok makan perasaan lemon dan 1/4 cangkir lidah buaya dan hancurkan sampai mendapatkan adonan yang kental. Oleskan ke wajah, leher, tunggu 15 menit dan bilas dengan air hangat.

2.      Apel mengandung anti-oksidan yang disebut quercetin yang dapat membantu melindungi paruparu dari polusi. Berdasarkan sebuah penelitian dari Fakultas Kedokteran George’s Hospital Medical School di London, Inggris, dibukikan bahwa, mengonsumsi lima buah atau lebih apel memiliki kondisi paruparu yang lebih baik dari pada mereka yang tidak mengonsumsinya.

3.      Jus asam apel yang dipercaya bisa menghilang bakteri yang menghasilkan ketombe. Caranya adalah dengan memijat kulit kepala dengan jus asam apel, biarkan selama semenit dan kemudian cuci.

4.      Apel hijau juga dapat membantu mengecilkan perut bagi anda yang sedang diet. Caranya, campur saus apel dengan setengah mentega atau minyak untuk pembuatan kue. Ini akan menghasilkan rasa manis natural dan sedikit kandungan lemak. Saus apel bebas lemak dan kolesterol, hampir sama kandungannya dengan satu cangkir beras merah.

 

Semoga bermanfaat!!!
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© Catatan Kuliah
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top